BAB I
MENGENAL INTERNET
Apa itu internet: internet merupakan
singkatan dari Interconnected Network.
Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung.
Internet adalah kumpulan komputer
yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.
A. Berbagai aplikasi internet:
World wide web atau www
Electronik mail {E-Mail}
Mailing list
News Group
Internet Relay Chad
Fili Transfer Protocol
Telnet
Gopher
Ping
B. Kegunaan internet yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut:
1. sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan
informasi yang cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi
e-mail, www, newsgroup, ftp, dan gopher.
2. mengurangi biaya kertas dan distribusi.
Misal koran nasional dapat dicetak didaerah, koran masuk internet, majalah,
brosur dan sebagainya.
3. sebagai media promosi, internet
dimanfaatkan untuk beriklan dan menampilkan profil perusahaan serta produk
produknya.
4. sarana komunikasi interaktif, seperti pada
e-mail, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, irc, telepon via
internet.
5.
sarana penelitian dan pengembangan {reseach and development
C. Sejarah Perkembangan Internet
Pada tahun 1960 an departemen pertahanan
amerika khawatir akan kemungkinan perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya
penelitian untuk menghubungkan komputer komputer yang dimiliki departemen
pertahanan dalam satu instalasi.
Pada bulia,an oktober 1962 dimulai program
riset komputer di ARPA {advanced reseach projects agency} dengan Joseph
Licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1965 dengan bantuan dari ARPA,
LarryRobert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi wide area network yang
pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 diMIT degan komputer Q-32 di Santa
monica melalui jaringan telepon.
Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA
berhasil membuat jaringan yang disebut ARPANET. Jaringan itu yang kemudian
menjadi cikal bakal lahirnya Internet.
Pada tahun 1990 Arpanet ditutup walau
arpanet telah jarigan tersebut telah mencapai negara negara argentina, austria,
belgia, brazil, chile, yunani, india, irlandia, korea selatan, spanyol dan
swiss.
Pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi
browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Addreessen bersama timnya di National
Center For Suppercomputing Applications {NCSA}. Addresseen keluar dari NCSA dan
menjadi otak dibelakang NESTCAPE CORP yang kemudian membuat NESTCAPE, browser
yang paling sukses.
Sampai akhirnya, Microsoft mengembangkan
MICROSOFT INTERNET EXPLORER.
D. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet:
1. Electronik Commerse {E-Commerse} Atau
perdagangan secara elektronik
2. Internet Banking
Internet banking dikenal dengan sebutan Electronic Banking,
Cyberbanking, Virtual banking, Home banking dan Online banking.
3. Belajar jarak jauh
BAB 2
JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA
Kumpulan komputer yang terhubung satu
dengan yang lain disebut Jaringan
Komputer
A. Maanfaat Jaringan Komputer:
1. Membagi Sumber Daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan
sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada.
2. Realibilitas Tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk
mengopikan data-data kedua atau tiga komputer, bahkan lebih.
3. Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan
dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer.
4. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh
perusahaan atau organisasi Misal:ketika memberi pengumuman rapat pimpinan perusahaan
cukup memberikan undangan rapat melalui jaringan komputer tidak perlu memakai surat.
B. Jenis-jenis Jaringan
1. LAN { lokal area
network }
Lan adalah jaringan yang terdapat dalam
sebuah gedung atau perkantoran Komputer
yang terhubung dengan Lan hanya berjarak beberapa puluh meter saja jaraknya.
2. MAN {
metropolitan area network }
Man adalah jaringan Lan yang lebih besar,
umumnya Man dipergunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang berdekatan. Misal: kantor kantor pemerintahan yang
terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan Man.
3. WAN {wide area
network }
Wan adalah jaringan komputer yang mencakup
area yang sangat luas mencakup geografis. Wan dapat mencakup sebuah negara atau
sebuah benua. Wan banyak digunakan
perusahaan perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara
yang terletak diberbagai belahan dunia.
4. INTERNET
Internet juga merupakan sebuah jaringan
komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh
dunia. Orang yang terhubung dengan internet berarti terhubung kesemua komputer
diseluruh dunia yang juga terhubung ke internet Internet merupakan kumpulan
dari LAN, MAN, dan WAN yang ada diseluruh dunia. Untuk menghubungkan semua
jaringan tersebut dibangun jaringan serat optik bawah laut yang menghubungkan
satu benua dengan benua yang lain.
C. Perangkat Jaringan Komputer
1. Server
Komputer server umumnya mempunyai sistim
operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer
komputer lain dalam jaringan.
2. Client
Komputer client adalah komputer yang
digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.
3. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau Lan Card adalah
perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat
dijaringan {baik server maupun client}
4. Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data
dari Lan Card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal.
5. Kabel dan
Konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan
yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain.
6. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal
jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim,
sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya.
7. Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang
digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan {Lan} dengan jaringan yang lain.
8. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data
dari satu jaringan kejaringan yang lain. Ada 2 jenis router yaitu:
router dedicated dan
router PC
D. Komunikasi Data
Adalah ”Proses pengiriman dan
penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik
jaringan lokal {Lan} maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet”.
Dalam komunikasi data komputer
menggunakan protokol protokol komunikasi data. Salah satu protokol komunikasi
data yang banyak digunakan dalam area yang luas adalah TCP/IP {Transfer control Protocol/ Internet Protocol} TCP/IP
terdiri dari 4 lapisan protocol biasa disebut dengan istilah Layer dengan
fungsi masing masing protocol adalah:
1. aplication layer, Lapisan ini berfungsi
sebagai interface {antarmuka} antara pengguna dengan data.
2. transport layer, berfungsi untuk mengadakan
komunikasi antara 2 host/ komputer.
3. internet layer, terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP. Protokol
IP berfungsi untuk menyampaikan data kealamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer pada
jaringan yang sama. Sedangkan ICMP digunakan untuk mengirim pesan dan
melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang gagal dikirim akan
dikirimkan kembali.
4. network interfase layer, berfungsi
mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.
E. Keamanan data dalam jaringan:
Keamanan data dalam jaringan komputer
dan internet sangat penting karena sebagian berisi data data penting. Sehingga
hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data data tersebut
untuk keuntungan pribadinya.
Beberapa bentuk aktifitas yang acap kali mengganggu jaringan komputer yaitu:
1. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekplorasi ataupun
mencari kelemahan sistim jaringan secara ilegal. Pelaku hacking disebut Hacker
2. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri,
mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer komputer
yang ada dijaringan tersebut. Pelaku cracking disebut Cracker.
Beberapa metode atau cara kerja hacker
atau cracker untuk menyusup kesebuah jaringan komputer:
1.
spoofing
2.
scanner
3.
sniffer
4.
pasword cracker
5.
destructive devices
Beberapa teknik pengamanan data :
1. internet firewall
2. kriptografi
3. secure socket layer {SSL}
BAB 3
AKSES INTERNET
A. Internet service provider
Koneksi keinternet membutuhkan
infrasrtuktur yang sangat mahal. Karena itu tidak mungkin dibangun oleh
pengguna perorangan. Kemudian berdirilah perusahaan perusahaan yang menginvestasikan
dananya untuk membangun infrastruktur tersebut. Perusahaan tersebut menjual
jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet
tersebut disebut dengan INTERNET SERVICE PROVIDER {ISP}
B. Beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP:
1. Kecepatan
transfer data, merupakan hal yang penting, kecepatan
transfer data dari sebuah komputer server tergantung pada kecepatan transfer
data dari provider yang kita gunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah
byte per second [bps}
2. Bandwidth, adalah lebar saluran data yang dilewati
secara bersama sama oleh data data yang ditransfer. Kita perlu tahu Bandwidth
yang dimiliki sebuah provider.
3. Memiliki server
proxy. Server proxy berfungsi untuk
menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan
dapat mengakses webside-webside favoritnya dengan lebih cepat.
4. Memiliki
backbone. Backbone adalah saluran koneksi utama
jaringan ISP dengan internet. Pembuatan backbone memerlukan teknologi yang
tinggi dan dana yang besar.
5. Keamanan data Transaksi internet rawan terhadap
pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewell untuk
menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.
6. Layanan yang
diberikan. Kita perlu tahu layanan apa saja yang
diberikan sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan accoun e-mail, apakah
e-mail tersebut mendukung POP3? Apakah ISP tesebut dilengkapi dengan spam
filter? Dan berbagai layanan lain.
7. Biaya yang
merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Beberapa ISP
memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket. Hanya saja,
dalam hal ini kita perlu memperhitungkan waktu pemakaian yang kita gunakan.
Jika kita berlangganan dengan sistem paket, kita hrus tetap membayar, walaupun
kita tidak menggunakan internet.
8. Hardware, ita juga perlu tahu beberapa banyak modem
yang dimiliki sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan
per modem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan
yang akan kita dapatkan dari ISP tersebut.
9. Teknologi yang
digunakan, kita juga perlu tahu tentang
teknologi apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk meningkatkan kinerjanya.
Beberapa ISP untuk layanan dial-up menggunakan teknologi kompresi data.
Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan
menggunakan teknologi HSDPA ( High Speed Downlink Packet Access ) yang memungkinkan kecepatan akses data
hingga 2,6 Mbps.
C. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET
1. Melalui koneksi
Dial-up. Jika kita menghubungkan komputer ke
internet dengan koneksi dial-up, ada 2 perangkat tambahan yang kita butuhkan,
yaitu saluran telepon dan modem.
2. Melalui
teknologi ADSL. Salah satu cara untuk terhubung ke
internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang
terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun
warnet.
3. Melalui jaringan
GPRS. GPRS atau General Packet Radio
Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket paket menggunakan gelombang radio.
4. Melalui jaringan
WIFI WIFI merupakan singkatan Wireless
Fidelity. WIFI adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang
elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data.
5. Menggunakan 3G. Teknologi generasi ketiga {3th
generation}atau lebih popiler dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi
nirkabel {wireless}yang dirancang dengan kecepatan tinggi
6. Menggunakan
jaringan TV Kabel. Bila kita mengakses internet dengan
tv kabel syarat yang harus dipenuhi:
berlangganan dengan penyedia tv kabel yang
dilengkapi dengan layanan internet
perangkat komputer standar sudah dilengkapi
dengan sistem operasi dan browser yang mendukung internet
cable modem dengan DOCSIS system, modem
yang dirancang khusus untuk tv kabel
ethernet card
Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet
Contoh-contoh perangkat lunak untuk
mengakses internet
1. Microsoft internet explorer dan Netscape
navigator adalah browser untuk mengakses web atau aplikasi www
2. Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah
perangkat lunak untuk menjalankan FTP
3. MIRC, Yahoo messenger, dan ICQ adalah
program untuk menjalankan chatting
4.
Outlook express untuk aplikasi e-mail
BAB 4
KONEKSI KE INTERNET
Internet adalah jaringan computer
yang sangat besar, agar bisa terhubung ke internet sebuah computer membutuhkan
perangkat keras {hardware}yaitu:
1. Jaringan komputer LAN.
Menghubungkan internet melalui LAN biasanya
banyak dilakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, warnet dan
sebagainya. Agar dapat mengakses
internet melalui LAN, komputer yang kita gunakan harus terhubung dalam jaringan
tersebut. Untuk terhubung dalam jaringan kita harus memiliki kartu jaringan
{LAN CARD}. Dengan LAN biaya mengakses internet lebih murah.
2. Saluran telepon langsung.
Menghubungkan komputer ke internet dengan
menggunakan saluran telepon rumah {dial-up}merupakan cara termudah untuk
mengakses internet. Namun kita harus memiliki modem yang terpasang dikomputer.
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas.
Asal sudah terpasang telepon kita dapat menggunakan akses ini.
3. Teknologi ADSL.
Teknologi ADSL {Asymmetric Digital
Subcrider Line}memungkinkan saluran telepon
biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi
untuk mengirimlan data. Harga modem dari teknologi ADSL lebih mahal daripada
modem untuk dial-up.
4. Jaringan TV Kabel.
Akses internet melalui jaringan TV kabel
merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuh keluarga,
dimana beberapa orang dapat mengakses internet bersama sama. Hanya jaringan TV
Kabel hanya tersedia di kota kota besar dan itupun terbatas di daerah daerah
tertentu saja yang dijangkau layanan TV Kabel.
5. GPRS. GPRS {General Paket Radio Service}
adalah teknologi pengiriman data dalam
bentuk paket denga memanfaatkan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi
komunikasi an nirkabel generasi dua setengah {2,5}yang merupakan perkembangan
dari teknologi GSM {2G}.
6. WIFI WIFI adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WIFI adalah teknologi jaringan tanpa kabel
yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan
data. Lokasi dimana tersedia sinyal WIFI sering disebut dengan hotspot atau
titik poin. Ada 3 komponen yang terdapat dalam lokasi hotspot antara lain:
access point {titik akses}
access controller {pengendali akses}
internet link
7. Wireless Broadband
Saat ini sebuah teknologi nirkabel baru
sedang dikembangkan yana disebut dengan WIRELESS BROADBAND {WiBro}. Namun,
teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dipasarkan di Indonesia.
Dibandingkan dengan Wifi, WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik
poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan
dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km/jam.
8. 3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator
GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. Sedangkan pada operator CDMA, 3G menggunakan
teknologi EDVO Saat ini jangkauan layanan 3G masih sangat terbatas. Operator
operator layanan 3G baru bisa menghadirkan layanan di kota kota besar saja di
Indonesia dan masih didominasi di Pulau Jawa. Jika kita ingin mengakses layanan
internet menggunakan 3G, kita harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan
teknologi 3G.
BAB 5
MENJELAJAHI INTERNET
Ada banyak browser yang ada saat ini. Browser yang
paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer.
Kemampuan kedua browser hampir sama. Netscape Navigator dan Internet Explorer
merupakan browser yang dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistem
operasi Windows. Jika komputer kita menggunakan sistem Windows, komputer
tersebut sudah pasti memiliki Internet
Explorer di dalamnya. Sedangkan jika ingin menggunakan Netscape Navigator, kita
harus menginstalnya sendiri. Dibuku ini pembahasan dibatasi hanya untuk browser
Internet Explorer.
A.
Menjalankan Browser
Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet.
Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi
webside-webside yang ada di internet.
Langkah langkah untuk menjalankan internet explorer
adalah sebagai berikut:
1. Klik menu start
2. Pilihlah program, daftar programyang terdapat
dikomputer akan ditampilkan
3. Carilah internet explorer dan kemudian klik,
jendela internet explorer akan ditampilkan
B.
Bagian-bagian Browser
Jendela internet explorer mempunyai title bar, menu
bar, tool bar, status bar dan sebagainya. Masing masing bagian jendela internet
explorer akan dijelaskan satu persatu
1.
Title bar:
title bar
atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer.
Bagian paling kiri,bar judul berisi judul halaman webside yang sedang
ditampilkan jendela internet explorer. Control jendela terdiri dari tombol
minimize, maximize, dan close.
2.
Menu bar:
Menu bar merupakan tempat menu menu yang terdapat
dijendela internet explorer ditempatkan. Menu yang terdapat di jendela
internet explorer antara lain, file, edit, view, favorites, tools, dan help.
3.
Toolbar:
Jendela internet explorer dilengkapi dengan toolbar yang
memuat tombol tombol perintah. Tombol yang terdapat di toolbar antara lain, back,
forward, refresh, home, search, favorites, history, mail dan print.
4. Adress bar:
Adress bar atau alamat bar adalah kotak teks yang
digunakan untuk memasukkan alamat webside yang akan dikunjungi di jendela
internet explorer.
5. Status bar:
Status bar menampilkan kemajuan proses yang sedang
dilakukan pada saat browser mendonwload sebuah halaman web.
6.
Task pane:
Task pane
adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila kita
mengeklik tombol search, favorites, dan histori.
C. Istilah
Istilah Dasar Internet
1. Intranet, adalah internet dengan jaringan yang lebih
kecil
2. Browser atau Web Browser, adalah program untuk mengakses internet.
Contoh; internet explorer dan netscape navigator.
3. HTML, merupakan singkatan dari Hyper Text Mark-up
Language. Html adalah kode kode untuk membuat sebuah halaman web.
4. Server, Komputer yang memberi layanan kepada komputer
lain {komputer client}disebut server.
5. Client, Komputer client adalah komputer yang terdapat
dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.
6. Bandwidth, Ukuran sebuah jaringan untuk mentansfer data
dalam jangka waktu tertentu
7. Search Engine, merupalan program di webside tertentu yang
kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
8. URL {Uniform Resource lokator}, adalah sistem pemberian
nama alamat webside.Alamat Url merupakan alamat dari sebuah halaman web.
9. Webside, merupakan kumpulan dari halaman halaman web yang
saling terkait. Webside disebut juga situs, situs web, site, atau portal
10. Homepage,
Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah webside disebut homepage
11. Web Page, merupakan istilah
yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web.
12. Hypertext Link {Hyperlink}atau
Link, adalah sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan
untuk mengakses halaman web atau file file lain.
13. ISP atau Internet Servise
Provider, berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.
14. Program dial-up, adalah
program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan
mengatur hubungan antara komputer dengan ISP
15. Off-line, adalah kondisi
dimana dimana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.
16. On-line, adalah kondisi dimana
koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung.
17. Login, proses pemasukan user
ID dan Password disebut login
18. Logout, proses keluar dari
sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
19. Protokol, adalah aturan aturan
yang ada untuk melakukan tugas tertentu.
20. HTTP atau Hypertext Transfer
Protocol, adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di
internet
21. POP atau Pos Office Protocol,
protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di
internet atau sebuah ISP
22. Download, proses pengambilan
file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan
23. Upload, proses penempatan file
dari komputer kita kesebuah komputer server di internet
24. Freeware, program yang
ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis. Setiap orang boleh
mendownload program tersebut
25. Shareware, merupakan program
komputer di internet yang dapat kita download dalam jangka waktu tertentu
26. GIF atau Graphical Interchance
Format, merupakan suatu format file gambar
27. JPEG atau Joint Photographic
Experts Group, merupakan format file gambar di internet, juga mempunyai ukuran
yang kecil
28. Spam, adalah pengiriman pesan
yang tidak diinginkan, seperti e-mail berantai, iklan dan sebagainya.
D, Alamat
webside
Sebuah alamat webside merupakan kombinasi dari
protokol yang digunakan, nama host dan nama domain
BAB 6
E-MAIL
A. Pengertian e-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal
dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat
yang berbentuk elektronik.
Ada 3 jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara lain:
1.
POP Mail
2.
E-mail berbasis web
3.
E-mail forwarding
POP Mail:
Pop mail adalah e-mail yang diterima melalui internet
servise provider yang menjadi langganan kita.
E-mail berbasis web:
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan
oleh website website penyedia jasa e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail,
LoveMail, plasa com, dan lain lain. Layanan e-mail
jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan.
E-mail forwarding:
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan
e-mail yang diterimanya kealamat e-mail yang diterimanya kealamat e-mail yang
lain.
B. Beberapa etika mengirimkan e-mail :
1. Salam pembuka
Ada baiknya e-mail yang dikirimkan disertai dengan salam pembuka. Salam
pembuka dapat berupa formal atau tidak formal, tergantung penerima e-mail.
Salam pembuka kepada guru, rekan bisnis serta orang yang kita hormati jauh
berbeda degan salam pembuka kepada teman dan saudara kita.
2. Perkenalkan diri
Jika orang yang kita kirimi e-mail adalah orang yang tidak kenal dengan
kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahuku.Jika tidak pernah
bertemu lebih baik kita katakan darimana kita mendapatkan alamat e-mail
tersebut.
3. Langsung kepokok permasalahan
Membaca e-mail yang terlalu panjang sangat membosankan. Karena itu
usahakan agar e-mail yang kita tulis tepat pada sasaran dan tidak bertele-tele.
4. Jawablah semua pertanyaan
Jika kita membalas atau mereply e-mail,
usahakan agar semua informasi yang ditanyakan kita jawab. Bila tidak tahu jawab
dengan tidak tahu. Pertanyaan yang kita abaikan membuat orang lain merasa tidak
diperhatikan
5. Lakukan pengeditan Sebelum mengirimkan
e-mail,
ada baiknya kita mengedit kembali tulisan
e-mail kita. Kata kata yang tidak pas atau kesalahan penulisan yang kita
biarkan dapat memberikan kesan yang tidak baik bagi penerima e-mail.
6. Gunakan subjek yang sesuaian
Selalu gunakan subjek atau judul yang
sesuai. Subjek atau judul yang sesuai akan memudahkan penerima e-mail menangkap
informasi yang ingin kita sampaikan karena judul e-mail akan langsung membuka
pikiran penerima akan topik yang kita bahas.
7. Mengatur prioritas
Kadang kadang pengirim e-mail senang
menambahkan kata penting atau urgent di subjek e-mail agar penerima
menempatkannya sebagai e-mail yang penting dibuka dan dibalas.
8. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Mereply e-mail tanpa menghapus isi e-mail
terdahulu kadang kadang membantu penerima e-mail untuk mengingat apa yang sudah
dia kirimkan kepada kita
9. Jangan meneruskan e-mail berantai
Kadang kadang kita menerima e-mail berupa
cerita, humor atau hal hal lain yang kemudian meminta kita untuk meneruskan
e-mail tersebut kepada sejumlah orang, dan mengancam bila kita tak meneruskannya.
10. Hormati privasi
orang lain
Bila kita sedang mengirim e-mail kesejumlah
orang yang mungkin satu sama lain tidak saling kenal, gunakan ”bcc” atau ”blind
carbon copy” agar alamat alamat e-mail mereka tidak saling diketahui.
11. Jangan melakukan
spam
Banyak orang tidak menyadari jika mereka
menggunakan alamat alamat e-mail yang mereka dapat dari ”forwarded e-mail”
kemudian menggunakan tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk spam.
12. Gunakan huruf besar seperlunya
Menulis dengan menggunakan huruf besar
{tombol caps lock}dapat diartikan sebagai tanda kemarahan. Karena itu gunakan
huruf besar seperlunya.
13. Hati hati bila
menggunakan singkatan dan ikon emosi
Kita perlu berhati hati menggunakan
singkatan singkatan dan ikon emosi, karena belum tentu penerima e-mail mengerti
yang kita maksudkan.
14. Jangan terbawa
emosi Jika menerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan membalas saat itu
juga. Tunggu beberapa saat sampai emosi kira mereda, dengan demikian kita dapat
berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.
15. Bersabarlah
menunggu balasan e-mail
Kita harus
bersabar bila e-mail yang kita kirimkan belum dibalas.
16. Ketertarikan
yang berbeda
Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu
pada mereka yang tidak membalasnya Setiap orang mempunyai mempunyai akan
ketertarikan suatu hal yang berbeda beda.
17. Jagan lampirkan
file yang tidak perlu
Sebaiknya kita
tidak melampirkan file yang tidak perlu dalam e-mail kita.
18. Buatlah layout
yang baik
Jika mengirimkan e-mail, sebaiknya kita membuat
layout yang baik sehingga penerima e-mail dapat membacanya dengan mudah.
C. Mailing List
Mailing list atau sering disebut
Millis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok.
Millis merupakan bentuk lain dari
e-mail. Sifat sifat millis sama dengan e-mail, bedanya alamat millis merupakan
kumpulan dari alamat alamat e-mail.
Etika dalam Millis
1. Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah
berganti topik.
2. Mengirim file besar kepada teman/rekan
kerja.
3. Posting ke millis padahal seharusnya
japri{jalur pribadi}
4. Mengirim ulang e-mail
5. Memposting topik yang tidak pada tempatnya
BAB 7
MENCARI DAN MENGELOLA INFORMASI
Internet merupakan gudang informasi,
karena beragam informasi membuat kita kesulitan menemukan informasi yang kita
butuhkan. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuat sebuah program yang dapat
membantu kita mencari informasi di internet. Program tersebut dikenal degan
nama mesin pencari atau sering disebut SEARCH ENGINE
A. Mesin Pencari
Mesin pencari adalah sebuah program
yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Untuk
memudahkan dan mempercepat pencarian, mesi pencari mempunyai metode pencarian
yang sering disebut ALGORITMA PENCARIAN
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin
pencari adalah sebagai berikut:
1. Mempunyai data base yang besar dan
sering diperbarui
2. Tidak memiliki spam dan membrikan
hasil pencarian yang relevan
3. Mempunyai kecerdasan buatan yang
baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh
penggunanya
B. Beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan:
1. Google {www.google.com}
Google berdiri pada tahun 1998. Website ini
didirikan oleh 2 orang bersahabat dariStanford University. Saat ini Google
adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan. Google mempunyai database
yang besar dan juga membagi database dengan mesin pencari lain, seperti Yahoo.
Artinya jika kata yang kita cari tidak ada di database Google, pencarian akan
dicarikan di database Yahoo. Google juga dilengkapi dengan pencarian
menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
2. Yahoo {www.yahoo.com}.
Yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan
indeks direktori. Yahoo berawal dari koleksi link pribadi Jerry Yang. Kelebihan
Yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan
Google. Jilka kata yang dicari tidak terdapat di Yahoo, pencarian akan dicari
di database Google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website
mereka terdaftar di indeks Yahoo. Dengan kata lain, database Yahoo memuat semua
daftar halaman web.
3. Altavista {www.altavista.com}
Altavista merupakan mesin pencari yang
didikan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam
Pencarian Canggih {Advanced Search} dengan menggunakan operator boolean AND,
OR, (), NOT, NEAR, ”, dan *. Kelebihan ini
akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.
4. Lycos {http://lycos.com}
Lycos dibuat di Carnegie Mellon University
pada Mei 1994. Lycos merupakan mesin
pencari yang tertua. Lycos mempunyai kelebihan, yaitu mudah digunakan. Lycos
mudah menemukan website yang terdapat di Tripod.com
Google merupakan mesin pencari yang
paling banyak digunakan, yakni sekitar 29,5% pengguna, kemudian diikuti oleh
Yahoo sekitar 28,9% pengguna. Tempat ketiga adalah MSN yang digunakan oleh
sekitar 27,6%. Altavista berada pada posisi keenam dengan persentase pengguna
sekitar 4% dan Lycos berada pada posisi ketujuh dengan persentase pengguna
sekitar 2%.
Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang
mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat. Hal ini disebabkan Google menggunakan perangkat
keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih. Google mempunyai algoritma
pencarian yang sangat efisien, yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer
mesin pencari. Jaringan komputer dan algoritma mesin pencari tersebut berhasil
membangun sebuah mesin pencari yang sangat cepat.
Mesin pencari Google mempunyai sebuah
sistem yang bekerja untuk mengurutkan halaman web yang disebut dengan PageRank.
Sistem tersebut dikembangkan oleh pendiri Google; Larry Page
dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Google memberikan hasil pencarian yang
cepat dan relevan. Google mempunyai sistem yang dapat mengatur hasil pencarian
dari sekian banyak informasi yang ditemukan di internet. Google memungkinkan
kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet.
Google menyimpan banyak halaman web di cache {halaman
tersimpan} yang dimilikinya. Apabila kita gagal menghubungi server halaman web
yang bersangkutan secara temporary, kita dapat menampilkan halaman web yang
terdapat di cache Google. Namun kelemahannya , informasi di halaman web yang
disimpan di cache Google sering kali tidak up to date. Selain dukungan fasilitas fasilitas tersebut, Google juga dilengkapi dengan
layanan pencarian dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Layanan
Google dalam bahasa Indonesia dapat diakses dengan alamat URL www.google.co.id
BAB 8
CHATTING
Internet merupakan sarana komunikasi
yang murah. Internet juga dilengkapi berbagai aplikasi yang dapat digunakan
sebagai sarana komunikasi.
Beberapa diantaranya sudah kita bahas.
Saat ini kita akan membahas sarana komunikasi lain yang ada di internet, yang
disebut dengan IRC atau Internet Relay Chat.
A. Apa yang dimaksud dengan IRC?
IRC merupakan aplikasi interner yang
memungkinkan kita berkomunikasi secara real time. Real Time artinya seketika
atau saat itu juga. Pesan yang akan kita sampaikan pada orang lain akan
diterimma dan dibalas saat itu juga.
Berbeda dengan e-mail, komunikasi
dengan IRC bisa terjadi apabila kita dan lawan komunikasi kita sama sama
terhubung ke internet pada saat yang bersamaan. Karena berlangsung pada saat
yang bersamaan, IRC memungkinkan kita bercakap- cakap dengan orang lain melalui
internet dengan menggunakan tulisan.
Berkomunikasi dengan menggunakan IRC
disebut Chatting. Sedangkan orang yang melakukannya disebut Chatter. Chatting
menjadi kegiatan yang mengasyikkan karena kita dapat berkomunikasi secara real
time degan orang lain dengan biaya murah. Kita dapat bertemu dengan orang
dengan orang dari berbagai dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting
dapat kita manfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang jauh,
dimana kalau kita berkomunikasi dengan telepon terlalu mahal.
Untuk dapat chatting, kita
memerlukan koneksi ke internet ditambah dengan program chatting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar