Sabtu, 06 Juli 2013

Makalah Internet


BAB I
MENGENAL INTERNET


Apa itu internet: internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung.
Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.

A. Berbagai aplikasi internet:
     World wide web atau www
     Electronik mail {E-Mail}
     Mailing list
     News Group
     Internet Relay Chad
     Fili Transfer Protocol
     Telnet
     Gopher
     Ping

B. Kegunaan internet yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut:
1.     sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi e-mail, www, newsgroup, ftp, dan gopher.
2.     mengurangi biaya kertas dan distribusi. Misal koran nasional dapat dicetak didaerah, koran masuk internet, majalah, brosur dan sebagainya.
3.     sebagai media promosi, internet dimanfaatkan untuk beriklan dan menampilkan profil perusahaan serta produk produknya.
4.     sarana komunikasi interaktif, seperti pada e-mail, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, irc, telepon via internet.
5.     sarana penelitian dan pengembangan {reseach and development


C. Sejarah Perkembangan Internet
     Pada tahun 1960 an departemen pertahanan amerika khawatir akan kemungkinan perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.
     Pada bulia,an oktober 1962 dimulai program riset komputer di ARPA {advanced reseach projects agency} dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
     Pada tahun 1965 dengan bantuan dari ARPA, LarryRobert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi wide area network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 diMIT degan komputer Q-32 di Santa monica melalui jaringan telepon.
     Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA berhasil membuat jaringan yang disebut ARPANET. Jaringan itu yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Internet.
     Pada tahun 1990 Arpanet ditutup walau arpanet telah jarigan tersebut telah mencapai negara negara argentina, austria, belgia, brazil, chile, yunani, india, irlandia, korea selatan, spanyol dan swiss.
     Pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Addreessen bersama timnya di National Center For Suppercomputing Applications {NCSA}. Addresseen keluar dari NCSA dan menjadi otak dibelakang NESTCAPE CORP yang kemudian membuat NESTCAPE, browser yang paling sukses.
     Sampai akhirnya, Microsoft mengembangkan MICROSOFT INTERNET EXPLORER.

D. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet:
1.     Electronik Commerse {E-Commerse} Atau perdagangan secara elektronik
2.     Internet Banking
Internet banking dikenal dengan sebutan Electronic Banking, Cyberbanking, Virtual banking, Home banking dan Online banking.
3.     Belajar jarak jauh


BAB 2
JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA


Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain disebut Jaringan Komputer

A. Maanfaat Jaringan Komputer:
1.     Membagi Sumber Daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada.
2.     Realibilitas Tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data kedua atau tiga komputer, bahkan lebih.
3.     Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer.
4.     Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi Misal:ketika memberi pengumuman rapat pimpinan perusahaan cukup memberikan undangan rapat melalui jaringan komputer tidak perlu memakai surat.


B. Jenis-jenis Jaringan
1.     LAN { lokal area network }
Lan adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran Komputer yang terhubung dengan Lan hanya berjarak beberapa puluh meter saja jaraknya.
2.     MAN { metropolitan area network }
Man adalah jaringan Lan yang lebih besar, umumnya Man dipergunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang berdekatan. Misal: kantor kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan Man.
3.     WAN {wide area network }
Wan adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas mencakup geografis. Wan dapat mencakup sebuah negara atau sebuah benua. Wan banyak digunakan perusahaan perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak diberbagai belahan dunia.
4.     INTERNET
Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung dengan internet berarti terhubung kesemua komputer diseluruh dunia yang juga terhubung ke internet Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada diseluruh dunia. Untuk menghubungkan semua jaringan tersebut dibangun jaringan serat optik bawah laut yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain.

C. Perangkat Jaringan Komputer
1.     Server
Komputer server umumnya mempunyai sistim operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer komputer lain dalam jaringan.
2.     Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.
3.     Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau Lan Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat dijaringan {baik server maupun client}
4.     Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari Lan Card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal.
5.     Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain.
6.     Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya.
7.     Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan {Lan} dengan jaringan yang lain.
8.     Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan kejaringan yang lain. Ada 2 jenis router yaitu:
     router dedicated dan
     router PC

D. Komunikasi Data
Adalah ”Proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal {Lan} maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet”.

Dalam komunikasi data komputer menggunakan protokol protokol komunikasi data. Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan dalam area yang luas adalah TCP/IP {Transfer control Protocol/ Internet Protocol} TCP/IP terdiri dari 4 lapisan protocol biasa disebut dengan istilah Layer dengan fungsi masing masing protocol adalah:
1.     aplication layer, Lapisan ini berfungsi sebagai interface {antarmuka} antara pengguna dengan data.
2.     transport layer, berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara 2 host/ komputer.
3.     internet layer, terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan data kealamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer pada jaringan yang sama. Sedangkan ICMP digunakan untuk mengirim pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang gagal dikirim akan dikirimkan kembali.
4.     network interfase layer, berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.

E. Keamanan data dalam jaringan:
Keamanan data dalam jaringan komputer dan internet sangat penting karena sebagian berisi data data penting. Sehingga hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data data tersebut untuk keuntungan pribadinya.

Beberapa bentuk aktifitas yang acap kali mengganggu  jaringan komputer yaitu:
1.     Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekplorasi ataupun mencari kelemahan sistim jaringan secara ilegal. Pelaku hacking disebut Hacker
2.     Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer komputer yang ada dijaringan tersebut. Pelaku cracking disebut Cracker.

Beberapa metode atau cara kerja hacker atau cracker untuk menyusup kesebuah jaringan komputer:
1.     spoofing
2.     scanner
3.     sniffer
4.     pasword cracker
5.     destructive devices

Beberapa teknik pengamanan data :
1.     internet firewall
2.     kriptografi
3.     secure socket layer {SSL}


BAB 3
AKSES INTERNET


A. Internet service provider
Koneksi keinternet membutuhkan infrasrtuktur yang sangat mahal. Karena itu tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Kemudian berdirilah perusahaan perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur tersebut. Perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet tersebut disebut dengan INTERNET SERVICE PROVIDER {ISP} 

B. Beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP:
1.     Kecepatan transfer data, merupakan hal yang penting, kecepatan transfer data dari sebuah komputer server tergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second [bps}
2.     Bandwidth, adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama sama oleh data data yang ditransfer. Kita perlu tahu Bandwidth yang dimiliki sebuah provider.
3.     Memiliki server proxy. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses webside-webside favoritnya dengan lebih cepat.
4.     Memiliki backbone. Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar.
5.     Keamanan data Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewell untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.
6.     Layanan yang diberikan. Kita perlu tahu layanan apa saja yang diberikan sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan accoun e-mail, apakah e-mail tersebut mendukung POP3? Apakah ISP tesebut dilengkapi dengan spam filter? Dan berbagai layanan lain.
7.     Biaya yang  merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket. Hanya saja, dalam hal ini kita perlu memperhitungkan waktu pemakaian yang kita gunakan. Jika kita berlangganan dengan sistem paket, kita hrus tetap membayar, walaupun kita tidak menggunakan internet.
8.     Hardware, ita juga perlu tahu beberapa banyak modem yang dimiliki sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan kita dapatkan dari ISP tersebut.
9.     Teknologi yang digunakan, kita juga perlu tahu tentang teknologi apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Beberapa ISP untuk layanan dial-up menggunakan teknologi kompresi data. Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan menggunakan teknologi HSDPA ( High Speed Downlink Packet Accessyang memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.

C. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET
1.     Melalui koneksi Dial-up. Jika kita menghubungkan komputer ke internet dengan koneksi dial-up, ada 2 perangkat tambahan yang kita butuhkan, yaitu saluran telepon dan modem.
2.     Melalui teknologi ADSL. Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun warnet.
3.     Melalui jaringan GPRS. GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket paket  menggunakan gelombang radio.
4.     Melalui jaringan WIFI WIFI merupakan singkatan Wireless Fidelity. WIFI adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data.
5.     Menggunakan 3G. Teknologi generasi ketiga {3th generation}atau lebih popiler dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel {wireless}yang dirancang dengan kecepatan tinggi
6.     Menggunakan jaringan TV Kabel. Bila kita mengakses internet dengan tv kabel syarat yang harus dipenuhi:
     berlangganan dengan penyedia tv kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
     perangkat komputer standar sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung internet
     cable modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk tv kabel
     ethernet card

Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet
Contoh-contoh perangkat lunak untuk mengakses internet
1.     Microsoft internet explorer dan Netscape navigator adalah browser untuk mengakses web atau aplikasi www
2.     Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP
3.     MIRC, Yahoo messenger, dan ICQ adalah program untuk menjalankan chatting
4.     Outlook express untuk aplikasi e-mail 



BAB 4
KONEKSI KE INTERNET


Internet adalah jaringan computer yang sangat besar, agar bisa terhubung ke internet sebuah computer membutuhkan perangkat keras {hardware}yaitu:
1.     Jaringan komputer LAN.
Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, warnet dan sebagainya.  Agar dapat mengakses internet melalui LAN, komputer yang kita gunakan harus terhubung dalam jaringan tersebut. Untuk terhubung dalam jaringan kita harus memiliki kartu jaringan {LAN CARD}. Dengan LAN biaya mengakses internet lebih murah.
2.     Saluran telepon langsung.
Menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon rumah {dial-up}merupakan cara termudah untuk mengakses internet. Namun kita harus memiliki modem yang terpasang dikomputer. Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas. Asal sudah terpasang telepon kita dapat menggunakan akses ini.
3.     Teknologi ADSL.
Teknologi ADSL {Asymmetric Digital Subcrider Line}memungkinkan saluran telepon  biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimlan data. Harga modem dari teknologi ADSL lebih mahal daripada modem untuk dial-up.
4.     Jaringan TV Kabel.
Akses internet melalui jaringan TV kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuh keluarga, dimana beberapa orang dapat mengakses internet bersama sama. Hanya jaringan TV Kabel hanya tersedia di kota kota besar dan itupun terbatas di daerah daerah tertentu saja yang dijangkau layanan TV Kabel.
5.     GPRS. GPRS {General Paket Radio Service}
adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket denga memanfaatkan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi komunikasi an nirkabel generasi dua setengah {2,5}yang merupakan perkembangan dari teknologi GSM {2G}.

6.     WIFI WIFI adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WIFI adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Lokasi dimana tersedia sinyal WIFI sering disebut dengan hotspot atau titik poin. Ada 3 komponen yang terdapat dalam lokasi hotspot antara lain:
     access point {titik akses}
     access controller {pengendali akses}
     internet link
7.     Wireless Broadband
Saat ini sebuah teknologi nirkabel baru sedang dikembangkan yana disebut dengan WIRELESS BROADBAND {WiBro}. Namun, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dipasarkan di Indonesia. Dibandingkan dengan Wifi, WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km/jam.
8.     3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA.  Sedangkan pada operator CDMA, 3G menggunakan teknologi EDVO Saat ini jangkauan layanan 3G masih sangat terbatas. Operator operator layanan 3G baru bisa menghadirkan layanan di kota kota besar saja di Indonesia dan masih didominasi di Pulau Jawa. Jika kita ingin mengakses layanan internet menggunakan 3G, kita harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G.
  


BAB 5
MENJELAJAHI INTERNET

Ada banyak browser yang ada saat ini. Browser yang paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Kemampuan kedua browser hampir sama. Netscape Navigator dan Internet Explorer merupakan browser yang dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistem operasi Windows. Jika komputer kita menggunakan sistem Windows, komputer tersebut sudah pasti  memiliki Internet Explorer di dalamnya. Sedangkan jika ingin menggunakan Netscape Navigator, kita harus menginstalnya sendiri. Dibuku ini pembahasan dibatasi hanya untuk browser Internet Explorer.

A. Menjalankan Browser
Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi webside-webside yang ada di internet.
Langkah langkah untuk menjalankan internet explorer adalah sebagai berikut:
1. Klik menu start
2. Pilihlah program, daftar programyang terdapat dikomputer akan ditampilkan
3. Carilah internet explorer dan kemudian klik, jendela internet explorer akan ditampilkan

B. Bagian-bagian Browser
Jendela internet explorer mempunyai title bar, menu bar, tool bar, status bar dan sebagainya. Masing masing bagian jendela internet explorer akan dijelaskan satu persatu
1.     Title bar:
title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer. Bagian paling kiri,bar judul berisi judul halaman webside yang sedang ditampilkan jendela internet explorer. Control jendela terdiri dari tombol minimize, maximize, dan close.
2.     Menu bar:
Menu bar merupakan tempat menu menu yang terdapat dijendela internet explorer ditempatkan. Menu yang terdapat di jendela internet explorer antara lain, file, edit, view, favorites, tools, dan help.
3.     Toolbar:
Jendela internet explorer dilengkapi dengan toolbar yang memuat tombol tombol perintah. Tombol yang terdapat di toolbar antara lain, back, forward, refresh, home, search, favorites, history, mail dan print.
4.     Adress bar:
Adress bar atau alamat bar adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat webside yang akan dikunjungi di jendela internet explorer.
5.     Status bar:
Status bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendonwload sebuah halaman web.
6.     Task pane:
Task pane adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol search, favorites, dan histori.

C. Istilah Istilah Dasar Internet
1.     Intranet, adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil
2.     Browser atau Web Browser, adalah program untuk mengakses internet. Contoh; internet explorer dan netscape navigator.
3.     HTML, merupakan singkatan dari Hyper Text Mark-up Language. Html adalah kode kode untuk membuat sebuah halaman web.
4.     Server, Komputer yang memberi layanan kepada komputer lain {komputer client}disebut server.
5.     Client, Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.
6.     Bandwidth, Ukuran sebuah jaringan untuk mentansfer data dalam jangka waktu tertentu
7.     Search Engine, merupalan program di webside tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
8.     URL {Uniform Resource lokator}, adalah sistem pemberian nama alamat webside.Alamat Url merupakan alamat dari sebuah halaman web.
9.     Webside, merupakan kumpulan dari halaman halaman web yang saling terkait. Webside disebut juga situs, situs web, site, atau portal
10. Homepage, Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah webside disebut homepage
11. Web Page, merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web.
12. Hypertext Link {Hyperlink}atau Link, adalah sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file file lain.
13. ISP atau Internet Servise Provider, berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.
14. Program dial-up, adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan ISP
15. Off-line, adalah kondisi dimana dimana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.
16. On-line, adalah kondisi dimana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung.
17. Login, proses pemasukan user ID dan Password disebut login
18. Logout, proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
19. Protokol, adalah aturan aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu.
20. HTTP atau Hypertext Transfer Protocol, adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet
21. POP atau Pos Office Protocol, protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP
22. Download, proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan
23. Upload, proses penempatan file dari komputer kita kesebuah komputer server di internet
24. Freeware, program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis. Setiap orang boleh mendownload program tersebut
25. Shareware, merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dalam jangka waktu tertentu
26. GIF atau Graphical Interchance Format, merupakan suatu format file gambar
27. JPEG atau Joint Photographic Experts Group, merupakan format file gambar di internet, juga mempunyai ukuran yang kecil
28. Spam, adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail berantai, iklan dan sebagainya.

D, Alamat webside
Sebuah alamat webside merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host dan nama domain



BAB 6
E-MAIL


 A. Pengertian e-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik.
Ada 3 jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara lain:
1.     POP Mail
2.     E-mail berbasis web
3.     E-mail forwarding

POP Mail:
Pop mail adalah e-mail yang diterima melalui internet servise provider yang menjadi langganan kita.

E-mail berbasis web:
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website website penyedia jasa e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail, plasa com, dan lain lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan.

E-mail forwarding:
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya kealamat e-mail yang diterimanya kealamat e-mail yang lain.


B. Beberapa etika mengirimkan e-mail :
1.     Salam pembuka
      Ada baiknya e-mail yang dikirimkan disertai dengan salam pembuka. Salam pembuka dapat berupa formal atau tidak formal, tergantung penerima e-mail. Salam pembuka kepada guru, rekan bisnis serta orang yang kita hormati jauh berbeda degan salam pembuka kepada teman dan saudara kita.
2.     Perkenalkan diri
      Jika orang yang kita kirimi e-mail adalah orang yang tidak kenal dengan kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahuku.Jika tidak pernah bertemu lebih baik kita katakan darimana kita mendapatkan alamat e-mail tersebut.
3.     Langsung kepokok permasalahan
      Membaca e-mail yang terlalu panjang sangat membosankan. Karena itu usahakan agar e-mail yang kita tulis tepat pada sasaran dan tidak bertele-tele.
4.     Jawablah semua pertanyaan
Jika kita membalas atau mereply e-mail, usahakan agar semua informasi yang ditanyakan kita jawab. Bila tidak tahu jawab dengan tidak tahu. Pertanyaan yang kita abaikan membuat orang lain merasa tidak diperhatikan
5.     Lakukan pengeditan Sebelum mengirimkan e-mail,
ada baiknya kita mengedit kembali tulisan e-mail kita. Kata kata yang tidak pas atau kesalahan penulisan yang kita biarkan dapat memberikan kesan yang tidak baik bagi penerima e-mail.
6.     Gunakan subjek yang sesuaian
Selalu gunakan subjek atau judul yang sesuai. Subjek atau judul yang sesuai akan memudahkan penerima e-mail menangkap informasi yang ingin kita sampaikan karena judul e-mail akan langsung membuka pikiran penerima akan topik yang kita bahas.
7.     Mengatur prioritas
Kadang kadang pengirim e-mail senang menambahkan kata penting atau urgent di subjek e-mail agar penerima menempatkannya sebagai e-mail yang penting dibuka dan dibalas.
8.     Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Mereply e-mail tanpa menghapus isi e-mail terdahulu kadang kadang membantu penerima e-mail untuk mengingat apa yang sudah dia kirimkan kepada kita
9.     Jangan meneruskan e-mail berantai
Kadang kadang kita menerima e-mail berupa cerita, humor atau hal hal lain yang kemudian meminta kita untuk meneruskan e-mail tersebut kepada sejumlah orang, dan mengancam bila kita tak meneruskannya.
10. Hormati privasi orang lain
Bila kita sedang mengirim e-mail kesejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling kenal, gunakan ”bcc” atau ”blind carbon copy” agar alamat alamat e-mail mereka tidak saling diketahui.
11. Jangan melakukan spam 
Banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat alamat e-mail yang mereka dapat dari ”forwarded e-mail” kemudian menggunakan tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk  spam.
12.  Gunakan huruf besar seperlunya 
Menulis dengan menggunakan huruf besar {tombol caps lock}dapat diartikan sebagai tanda kemarahan. Karena itu gunakan huruf besar seperlunya.
13. Hati hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi 
Kita perlu berhati hati menggunakan singkatan singkatan dan ikon emosi, karena belum tentu penerima e-mail mengerti yang kita maksudkan.
14. Jangan terbawa emosi Jika menerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan membalas saat itu juga. Tunggu beberapa saat sampai emosi kira mereda, dengan demikian kita dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.
15. Bersabarlah menunggu balasan e-mail 
Kita harus bersabar bila e-mail yang kita kirimkan belum dibalas.
16. Ketertarikan yang berbeda
Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak membalasnya Setiap orang mempunyai mempunyai akan ketertarikan suatu hal yang berbeda beda.
17. Jagan lampirkan file yang tidak perlu
Sebaiknya kita tidak melampirkan file yang tidak perlu dalam e-mail kita.
18. Buatlah layout yang baik
Jika mengirimkan e-mail, sebaiknya kita membuat layout yang baik sehingga penerima e-mail dapat membacanya dengan mudah.


C. Mailing List
Mailing list atau sering disebut Millis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok.
Millis merupakan bentuk lain dari e-mail. Sifat sifat millis sama dengan e-mail, bedanya alamat millis merupakan kumpulan dari alamat alamat e-mail.

Etika dalam Millis
1.     Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topik.
2.     Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja.
3.     Posting ke millis padahal seharusnya japri{jalur pribadi}
4.     Mengirim ulang e-mail
5.     Memposting topik yang tidak pada tempatnya



BAB 7
MENCARI DAN MENGELOLA INFORMASI


Internet merupakan gudang informasi, karena beragam informasi membuat kita kesulitan menemukan informasi yang kita butuhkan. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuat sebuah program yang dapat membantu kita mencari informasi di internet. Program tersebut dikenal degan nama mesin pencari atau sering disebut SEARCH ENGINE

A. Mesin Pencari
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesi pencari mempunyai metode pencarian yang sering disebut ALGORITMA PENCARIAN

Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut:
1. Mempunyai data base yang besar dan sering diperbarui
2. Tidak memiliki spam dan membrikan hasil pencarian yang relevan
3. Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya

B. Beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan:
1.     Google {www.google.com}
Google berdiri pada tahun 1998. Website ini didirikan oleh 2 orang bersahabat dariStanford University. Saat ini Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan. Google mempunyai database yang besar dan juga membagi database dengan mesin pencari lain, seperti Yahoo. Artinya jika kata yang kita cari tidak ada di database Google, pencarian akan dicarikan di database Yahoo. Google juga dilengkapi dengan pencarian menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.


2.     Yahoo {www.yahoo.com}.
Yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. Yahoo berawal dari koleksi link pribadi Jerry Yang. Kelebihan Yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan Google. Jilka kata yang dicari tidak terdapat di Yahoo, pencarian akan dicari di database Google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeks Yahoo. Dengan kata lain, database Yahoo memuat semua daftar halaman web.
3.     Altavista {www.altavista.com}
Altavista merupakan mesin pencari yang didikan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam Pencarian Canggih {Advanced Search} dengan menggunakan operator boolean AND, OR, (), NOT, NEAR, ”, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.
4.     Lycos {http://lycos.com}
Lycos dibuat di Carnegie Mellon University pada Mei 1994. Lycos  merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunyai kelebihan, yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di Tripod.com

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan, yakni sekitar 29,5% pengguna, kemudian diikuti oleh Yahoo sekitar 28,9% pengguna. Tempat ketiga adalah MSN yang digunakan oleh sekitar 27,6%. Altavista berada pada posisi keenam dengan persentase pengguna sekitar 4% dan Lycos berada pada posisi ketujuh dengan persentase pengguna sekitar 2%.

Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat.  Hal ini disebabkan Google menggunakan perangkat keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih. Google mempunyai algoritma pencarian yang sangat efisien, yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer mesin pencari. Jaringan komputer dan algoritma mesin pencari tersebut berhasil membangun sebuah mesin pencari yang sangat cepat.

Mesin pencari Google mempunyai sebuah sistem yang bekerja untuk mengurutkan halaman web yang disebut dengan PageRank.
Sistem tersebut  dikembangkan oleh pendiri Google; Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Google memberikan hasil pencarian yang cepat dan relevan. Google mempunyai sistem yang dapat mengatur hasil pencarian dari sekian banyak informasi yang ditemukan di internet. Google memungkinkan kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet.

Google menyimpan banyak halaman web di cache {halaman tersimpan} yang dimilikinya. Apabila kita gagal menghubungi server halaman web yang bersangkutan secara temporary, kita dapat menampilkan halaman web yang terdapat di cache Google. Namun kelemahannya , informasi di halaman web yang disimpan di cache Google sering kali tidak up to date. Selain dukungan fasilitas fasilitas tersebut, Google juga dilengkapi dengan layanan pencarian dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Layanan Google dalam bahasa Indonesia dapat diakses dengan alamat URL www.google.co.id

  
BAB 8

CHATTING

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah. Internet juga dilengkapi berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi.
Beberapa diantaranya sudah kita bahas. Saat ini kita akan membahas sarana komunikasi lain yang ada di internet, yang disebut dengan IRC atau Internet Relay Chat.

A. Apa yang dimaksud dengan IRC?
IRC merupakan aplikasi interner yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time. Real Time artinya seketika atau saat itu juga. Pesan yang akan kita sampaikan pada orang lain akan diterimma dan dibalas saat itu juga.
Berbeda dengan e-mail, komunikasi dengan IRC bisa terjadi apabila kita dan lawan komunikasi kita sama sama terhubung ke internet pada saat yang bersamaan. Karena berlangsung pada saat yang bersamaan, IRC memungkinkan kita bercakap- cakap dengan orang lain melalui internet dengan menggunakan tulisan.

Berkomunikasi dengan menggunakan IRC disebut Chatting. Sedangkan orang yang melakukannya disebut Chatter. Chatting menjadi kegiatan yang mengasyikkan karena kita dapat berkomunikasi secara real time degan orang lain dengan biaya murah. Kita dapat bertemu dengan orang dengan orang dari berbagai dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting dapat kita manfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang jauh, dimana kalau kita berkomunikasi dengan telepon terlalu mahal.
    Untuk dapat chatting, kita memerlukan koneksi ke internet ditambah dengan program chatting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar